Pj. Wako Singkawang Hadiri Kampanye Percepatan Penurunan Stunting

Penjabat Wali Kota Singkawang, Drs. H. Sumastro, M.Si menghadiri acara Kampanye Percepatan Penurunan Stunting melalui Pencanangan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) dan Dapur Sehat Atasi Stunting (DAHSAT) yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Singkawang Timur, Rabu (25/01/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala BKKBN Provinsi Kalimantan Barat yang diwakili oleh Kepala bidang pengendalian penduduk, Dandim 1202/ Singkawang, Kapolres Singkawang yang diwakili Kasat Binmas Polres Singkawang, Jajaran Forkopimda Kota Singkawang, Camat beserta Lurah Kota Singkawang, TP PKK Kota Singkawang, Bhayangkari dan Persit Kota Singkawang, Kader Posyandu dan Tokoh Masyarakat Kota Singkawang.  


Dalam sambutannya Sumastro mengungkapkan persoalan balita yang mengalami stunting merupakan persoalan bangsa di masa sekarang saja, melainkan menyangkut masa depan kita karena anak-anak itu yang akan menjadi generasi penerus bangsa. Ia berharap Kota Singkawang harus berkomitmen mengatasi stunting. Karena bicara stunting tidak hanya berbicara tentang bayi yang baru lahir tetapi mulai dari perkawinan dan proses kehamilan. Sumastro menekankan dalam proses kehamilan kondisi sang ibu harus sehat dan yang terpenting tidak mengidap anemia karena hal tersebut yang mengindikasi resiko stunting. Selain itu pemberian makanan bayi dan pola hidup sehat harus diterapkan guna untuk mencegah terjadinya stunting.

“Saya berharap  Kota Singkawang bisa menjadi nomor satu dalam penurunan angka stunting bulan perbulan karena kita sudah mencanangkan Dapur Sehat Atasi Stunting. Kalau dapur sudah sehat maka makanan yang masuk kepada balita akan sehat. Saya ingatkan juga kepada para ibu untuk tidak memberikan makanan sachet tetapi harus mengkonsumsi makanan sehat, manfaatkan kemajuan digital dalam merawat bayi dan tutorial membuat makanan tambahan bayi yang sehat”. Tegas Sumastro

Menutup sambutannya Pj Wali Kota Singkawang berpesan untuk gelorakan penurunan stunting di Kota  Singkawang dengan memegang komitmen serta kekompakan stakeholder, jajaran pemerintah, organisasi masyarakat maupun seluruh masyarakat Kota Singkawang.