Sumastro Buka Rangkaian Kegiatan Tindaklanjut Rekomendasi SPI Pemkot Singkawang

Penjabat Wali Kota Singkawang, Drs. H. Sumastro, M.Si., membuka rangkaian kegiatan Rencana Aksi Tindaklanjut Rekomendasi Survei Penilaian Integritas (SPI) Pemerintah Kota Singkawang Tahun 2023 yang dihadiri oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah di Basement Kantor Wali Kota Singkawang, Kamis (02/05/2024).

Diawali dengan Penandatanganan Pakta Integritas dan Komitmen Antikorupsi, dilanjutkan Sosialisasi hasil SPI Pemkot Singkawang Tahun 2023, Peningkatan Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK) dan Masyarakat Pembelajar Anti Korupsi (MPAK), Pengendalian Gratifikasi/Kecurangan dan Benturan Kepentingan oleh Koordinator Pengawasan (KORWAS) Bidang Investigatif Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Barat selaku narasumber.

Penandatangan Pakta Integritas dan Komitmen Antikorupsi secara simbolis ini menjadi bukti konsistensi dan komitmen seluruh ASN di Lingkup Pemkot Singkawang dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi serta menjaga integritas sebagai pelayan masyarakat. 

Sumastro menyampaikan bahwa capaian nilai Monitoring Center for Prevention (MCP) Pemerintah Kota Singkawang Tahun 2023 berada di peringkat kedua se-Kalbar dengan indeks 94,84 persen. Sedangkan untuk Hasil SPI Pemerintah Kota Singkawang Tahun 2023 masih berada di kategori Waspada dengan nilai 74,33. 

"Pengukuran kualitas sistem dan tata kelola Pemerintahan sebagai sebuah proses improvement untuk menjadi lebih baik. Diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM Aparatur di Lingkungan Pemerintah Kota Singkawang", tegas Sumastro.