Pj. Wako Buka Bimtek SP4N-LAPOR! Di Lingkungan Pemkot Singkawang

Penjabat Wali Kota Singkawang, Drs. H. Sumastro, M.Si., membuka Bimbingan Teknis Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N-LAPOR!) di Lingkungan Pemerintah Kota Singkawang, di Ballroom Swiss Belinn Singkawang, Selasa (25/06/2024).

Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari Asisten Deputi Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) ini, diikuti oleh seluruh operator Pengelola SP4N-LAPOR! pada Perangkat Daerah se-Kota Singkawang. 

Pengelolaan pengaduan masyarakat merupakan bagian integral dari pelayanan publik yang efektif dan transparan. Melalui mekanisme yang baik dalam mengelola dan menanggapi pengaduan masyarakat, Pemerintah akan dapat lebih responsif terhadap kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

SP4N-LAPOR! telah ditetapkan sebagai aplikasi umum pengelolaan pengaduan. Sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), setiap instansi diwajibkan memanfaatkan aplikasi LAPOR! dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik.

Dalam sambutannya, Sumastro memberikan atensi terkait dinamika dan transformasi pelayanan publik terutama di sektor pelayanan dasar. Forum ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan penyatuan persepsi serta meningkatkan kemampuan teknis dalam pengoperasian aplikasi. 

Melalui pengelolaan sistem pengaduan masyarakat diharapkan dapat memperbaiki pelayanan, meningkatkan interaksi serta mampu menciptakan lingkungan yang lebih transparan dan responsif. "Seluruh Perangkat Daerah agar saling berkolaborasi untuk dapat melaksanakan pengelolaan pengaduan secara optimal", pungkas Sumastro.