Pimpin Apel Siaga Karhutla, Sumastro Harap Stakeholder Tingkatkan Koordinasi Terkait Karhutla

Penjabat Wali Kota Singkawang, Drs. H. Sumastro, M.Si memimpin apel Kesiapsiagaan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kota Singkawang Tahun 2023 yang digelar di Lapangan Makodim 1202/ Skw, Rabu (02/08/2023).

Turut hadir dalam apel tersebut Forkopimda Kota Singkawang dan peserta apel Gelar Personil. Dalam kesempatan tersebut Pj. Wali Kota Singkawang menyampaikan bahwa Kota Singkawang merupakan salah satu daerah di Kalimantan Barat yang rentan tejadinya bencana karhutla, untuk itu smua stakeholder tarkait  untuk siap siaga menganani karhutla. Ia menjelaskan semua upaya pencegahan sudah tertulis di Surat Keputusan Wali Kota Singkawang Nomor 300.2/96/BPBD tentang status siaga darurat Penanganan Bencana Karhutla serta Kabut Asap di Kota Singkawang Tahun 2023.

“Apabila terjadi tindakan yang dilakukan secara sengaja oleh orang perorang yang melakukan pembakaran hutan untuk membuka lahan, maka hal tersebut harus segara dilakukan penindakan dengan mencari oknum tersebut agar tidak menyebabkan kebakaran hutan yang semakin besar”, Tegas Sumastro.

Sumastro juga berharap cuaca yang terik dan panas bisa segera berubah menjadi hujan sehingga bisa menyelesaikan masalah karhutla secara alamiah dan bisa memadamkan titip api terutama di lokasi tanah gambut. Ia juga menghimbau bagi seluruh pemangku kepentingan atau Para Stakeholderuntuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi lebih intensif saling bahu membahu agar bencana karhutla tidak menjadi kabut asap yang merugikan banyak pihak.