Sumastro Pimpin Rapat Persiapan Sosialisasi Tangki Septik Terapung

Penjabat Wali Kota Singkawang, Drs. H. Sumastro, M.Si, menghadiri sekaligus memimpin Rapat Persiapan Sosialisasi Tangki Septik Terapung Bagi Masyarakat Kota Singkawang, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Wali Kota Singkawang, Rabu (02/08/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang beserta Jajarannya, Camat Singkawang Barat beserta Jajarannya, Sekretaris Camat Singkawang Tengah, serta Perangkat Daerah Terkait. Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari hasil Sosialisasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tangki Septik Terapung yang diselenggarakan di Ruang Rapat Bumi Bertuah Kantor Wali Kota Singkawang pada tanggal 11 Juni 2023 dengan Narasumber Bapak Suwarno, selaku Ahli Pembuatan Septik Terapung dari Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Pontianak. Rencananya jumlah Tangki Septik Terapung tiap rumah yang akan disosialisasikan di 3 (tiga) Kelurahan sebanyak 20 rumah di Kelurahan Tengah, 33 rumah di Kelurahan Melayu serta 135 Rumah di Kelurahan Condong. 

“Saya diyakinkan dulu. Kita harus membuat satu analisa dan simulasi. Mana yang lebih cepat untuk kita intervensi, apalagi karakter masyarakat Kota Singkawang yang beraneka ragam jadi fokus penekanan kita dari segi kesehatan lingkungan bahwa itu berdampak negatif”, Ujar Sumastro.

Sumastro menjelaskan penerapan inovasi memerlukan suatu langkah keberanian dan difokuskan kepada masyarakat yang bersedia terlebih dahulu sebagai bentuk percontohan untuk masyarakat lainnya. Ia berharap semoga sosialisasi Tangki Septik Terapung dapat tersampaikan dengan baik agar masyarakat yakin dan menerima inovasi tersebut.