Sumastro Pj. Wali Kota Singkawang Komitmen Perkuat Koordinasi Peranan APIP dan APH

Penjabat Wali Kota Singkawang, Drs. H. Sumastro, M.Si hadiri Rapat Koordinasi Inspektur Daerah Seluruh Indonesia Tahun 2023 secara virtual yang dilaksanakan di TCM Room Kantor Wali Kota Singkawang, Rabu (25/01/2023).


Acara yang dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengagendakan penandatangan Nota Kesepahaman antara Kementrian Dalam Negeri, Kejaksaan Agung Republik Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia tentang kerjasama Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dengan Aparat Penegak Hukum (APH) dalam Penanganan Pengaduan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, dan peluncuran aplikasi LAPOR APIP dan penandatangan perjanjian kerjasama terkait pengawasan kesinergian bantuan operasional sekolah (BOS), kesinergian pengawasan dana alokasi khusus bidang kesehatan, serta kesinergian pengawasan dana alokasi khusus Keluarga Berencana (KB).

Sumastro menanggapi dengan positif dan berkomitmen memperkuat koordinasi dengan peranan APIP dan APH yang mewujudkan pemerintah yang bersih dan transparan serta memperkuat koordinasi antara Peran APIP dan peran APH guna menekan tingkat-tingkat penyimpangan agar bisa dikendalikan.

“Saya berharap hal ini bisa mengarahkan kepada Good Governance dan tata kelola penyelenggaran Pemerintah Daerah menjadi lebih baik. Seluruh OPD juga diharapkan dapat berkonsultasi dengan APIP dan APH untuk mendapat legal opinion dan pertimbangan hukum”, Ungkap Sumastro.