Pj. Wako Sumastro Buka Bimtek Keluarga Berintegritas Yang Digelar KPK RI

Penjabat Wali Kota Singkawang, Drs. H. Sumastro, M.Si menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Keluarga Berintegritas yang diprakarsai oleh Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia bertempat di Hotel Swiss Bellin Singkawang, Kamis (27/07/2023). 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda Kota Singkawang, Kepala Satgas Dunia Usaha dan Keluarga Berintegritas Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Motivator dan Narasumber serta Kepala OPD se Kota Singkawang , beserta ASN essolan II dan esselon III di Linkungan Pemerintah Kota Singkawang.

Dalam Acara yang mengusung tema “Memulai Integritas Dari Keluarga Melalui Internalisasi Budaya Antikorupsi”, Pj. Wali Kota Singkawang menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada pihak KPR RI yang berinisiasi menggelar kegiatan ini dengan harapan kerja sama yang telah dijalin dapat terus berlangsung dan terus berprestasi dalam penerapan daerah yang berintegritas Anti Korupsi.

“Dengan adanya bimtek keluarga berintegritas ini kita berharap mekanisme untuk saling menguatkan antar pasangan hidup agar selalui berkomitmen dalam memiliki nilai anti korupsi dapat dijadikan bagian dalam perilaku kehidupan sehari-hari”, Ungkap Sumastro.

Ia menjelaskan hal yang melatar belakangi orang melakukan tindak korupsi ialah tuntutan keluarga, dan dorongan keluarga. Karakter Bapak Ibu sebagai pimpinan di masing-masing perangkat daerah harus menjadi role model, yaitu sikap keteladanan untuk menjauhi perbuatan melanggar hukum, harus menjadi pribadi dan keluarga yang berintegritas. Karenannya Peran keluarga menjadi benteng moral bagi para penjabat dengan cara mengenalkan organisasi unit kerja , peran orang tua , dan pasangan selaku PNS dilingkungan Pemerintah Kota Singkawang dengan menjalan integritas. Lebih lanjut disampaikan Sumastro Program Keluarga Berintegritas menjadi benteng untuk pencegahan sikap korupsi, Ia menghimbau kepada peserta bimtek kegiatan ini jangan dijadikan ceremonial semata tetapi wajib diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas penyelenggaran pembangunan di Kota Singkawang.