Pj. Wali Kota Singkawang Serahkan 21 Tosa ke Kelurahan

Penjabat Wali Kota Singkawang, Drs. H. Sumastro, M.Si menghadiri kegiatan Penyerahan Simbolis Motor Tosa Kepada Kelurahan Kota Singkawang yang dilaksanakan di Halaman Kantor Wali Kota Singkawang, Senin (31/07/2023).

Kegiatan tersebut turut dihadiri antara lain Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Singkawang beserta jajaran, Camat dan Lurah se Kota Singkawang dan Pasukan Kuning, Kelompok Pengelola Sampah Mandiri. Dalam kesempatan tersebut Pj. Wali Kota Singkawang mengungkapkan melalui ceremony ini merupakan proses awal dalam melaksanakan penerapan program pengelolaan sampah mandiri menjadi tanggung jawab bersama. Ia menjelaskan 21 unit Tosa yang diserahkan semoga bisa menjadi sarana mempermudah untuk bekerja sama berbagi peran bertanggung jawab dalam mengelola sampah.

“Kita berharap kerja sama antar Pemerintah dengan masyarakat dengan Lembaga Pengelola Sampah Mandiri bisa berhasil. Berikan Pelayanan yang sebaik-baiknya dan komunikasikan sejelas-jelasnya untuk tidak bisa melayani door-to door, ubah mindset Pasukan Kuning dipungut dari rumah ke rumah karena sudah tertulis di Praturan Daerah bahwa pasukan kuning hanya mengurus sampah dari TPS ke TPA, dari rumah kerumah kita dorong kesepakatan dengan warga melalui organisasi yang dibentuk oleh warga”, Ujar Sumastro.

“Mengenai iuran kami tidak meletakkan tarif, itu hanya kesepakatan warga dengan organisasi pengelola sampah mandiri yang dibentuk warga. Saya minta betul kawan-kawan pengelola sampah mandiri dapat menunjukan keseriusan melayani masyarakat jangan sampai ada keluhan sampah tidak diambil. Jadikan sampah ini bagian upaya mengembangkan peluang kerja dan harapan dengan adanya pembagian tugas antar Pemerintah dan Masyarakat menjadi solusi yang terbaik dalam mengelola sampah”, Tutup Sumastro.