Sumastro Buka Sosialisasi Introduksi Imunisasi Antigen Baru

Penjabat Wali Kota Singkawang, Drs. H. Sumastro, M.Si didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang menghadiri sekaligus membuka Sosialisasi Introduksi Imunisasi Antigen Baru di Hotel Mahkota Singkawang, Jum’at (04/08/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Singkawang, Ketua TP PKK Kota Singkawang, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Wakil Direktur Pelayanan RSUD Abdul Aziz Kota Singkawang serta beberapa perwakilan Perangkat Daerah beserta jajaran yang mewakili.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Singkawang berpesan, satu-satunya cara untuk mengatasi terjadinya penyebaran penyakit adalah dengan melengkapi imunisasi rutin. Dengan imunisasi lengkap akan membentuk kekebalan tubuh, tidak hanya bagi individu, tetapi juga bagi kelompok atau populasi. Ia menjelaskan Imunusasi telah menjadi program pemerintah sesuai Permenkes RI Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Imunisasi Berupa Imunisasi Dasar Pada Bayi dan Imunisasi Lanjutan Pada Anak Usia Dibawah Dua Tahun (BADUTA) dan Anak Usia Sekolah Dasar.

Dilansir tahun ini telah ditetapkan penambahan beberapa jenis imunisasi rutin di antaranya, Inactivated Polio Virus Vaccine 2 (IPV 2) atau Imunisasi Polio Injeksi 2 diberikan pada bayi usia 9 bulan, Rotavirus (RV) diberikan sebanyak 3 kali pada usia 2 sampai 4 bulan, Human Papiloma Virus (HPV) diberikan satu kali pada anak perempuan usia 11 sampai 12 tahun dan Japanese Enchepalitis (JE) diberikan pada bayi usia 10 bulan.