Aulia Candra: Haji Adalah Panggilan Ilahi

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Aulia Candra, S.STP., mewakili Penjabat Wali Kota Singkawang, Drs. H. Sumastro, M.Si., menghadiri Pembukaan Bimbingan Manasik Haji Kota Singkawang Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi, di Basement Kantor Wali Kota Singkawang, Selasa (14/05/2024).

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama dua hari ke depan ini di hadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalbar, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, jajaran Forkopimda, Sekretaris Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana serta Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah.

Ibadah haji merupakan rukun islam kelima yang wajib dilaksanakan oleh umat islam yang memenuhi kriteria. Antara lain mampu secara materi, fisik, dan mental. "Haji adalah panggilan Ilahi yang tidak bisa diukur berdasarkan kemampuan finansial", ujar Aulia Candra.

Mengingat pelaksanaannya bersifat massal dan berlangsung dalam jangka yang terbatas, penyelenggara ibadah haji memerlukan managemen yang baik, agar tertib, aman, dan lancar. Peningkatan pembinaan, pelayanan dan perlindungan terhadap jamaah haji diupayakan melalui penyempurnaan sistem dan manajemen penyelenggaraan ibadah haji. Perbaikan di sektor lain pun terus dilakukan, diantaranya, organisasi, sistem metode kerja, sarana dan prasarana dan sumber daya manusia dan penerapan teknologi informasi. 

Penyempurnaan sistem dan manajemen tersebut guna memastikan para calon jamaah haji lebih siap dan mandiri dalam menunaikan ibadah haji dengan tuntunan agama sehingga diperoleh haji mabrur.